Berita Motogp Terbaru - Apa komentar Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengenai fairing baru Repsol Honda?

Sepang - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyoroti konsistensi motor saat menggunakan fairing baru yang diperkenalkan timnya pada tes MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu-Selasa (28-30/1/2018). 

Fairing baru Honda bukan hanya dijajal Marquez, tapi juga rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Setelah tes memasuki hari kedua, Marquez memberikan komentar khusus tentang fairing baru tersebut. 

Baca juga:

Usai Tes Pramusim MotoGP, Rossi Putuskan Masa Depan

Cal Crutchlow Lakoni Diet Ketat Jelang MotoGP 2018

MotoGP: Lorenzo Indikasikan Motor Anyar Ducati Lebih Cepat

Marquez menyatakan fairing baru tersebut membantunya mengurangi wheelie dan lebih stabil saat mengerem. Namun, dia khawatir menggunakannya saat menjalani balapan panjang. 

"Saya mencobanya, saya tidak ingat, (untuk) dua atau tiga kali. Tentu saja target utama fairing baru itu adalah wheelie, berusaha menghentikan wheelie, supaya menambah downforce, kemudian Anda kehilangan sedikit top speed," kata Marc Marquez tentang fairing baru Yamaha, seperti dilansir Motorsport.  

"Tentu saja Anda bisa mengerem lebih stabil jika punya winglet, bahkan lebih baik. Namun, ketika Anda berusaha lebih keras, saat motor di tikungan cepat, juga terasa lebih berat," sambung dia. 

"Saya rasa dengan fairing baru kami perlu menemukan keseimbangan motor yang baik, karena untuk satu lap saya bisa membalap dengan baik dan cepat. Namun, saat menggunakannya dengan konsisten, saya sedikit mengkhawatirkan ban depan jadi terlalu panas, atau sesuatu seperti itu."  

Pedrosa juga mengungkapkan kekhawatiran yang sama terkait fairing baru yang dijajal Honda. "Tentu saja, ada efek positifnya, seperti wheelie yang lebih baik. Namun, di tikungan-tikungan saya merasakan sedikit berbeda. Kami masih perlu melihat apakah fairing tersebut bagus untuk setiap trek," kata Pedrosa. 

"Kami hanya punya spec ini. Setelah feeling pertama, sekarang kami punya sejumlah informasi. Jadi, Honda bisa bekerja lebih keras lagi untuk fairing tersebuat, apakah tetap dipertahankan, dimodifikasi atau melihat apa yang diinginkan pebalap," imbuh Pedrosa. 

Pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2018 di Sepang, Marc Marquez menempati posisi ketujuh. Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, menempati urutan ke-12. 

Tag: sepang, dani pedrosa, cal crutchlow, marc marquez, yamaha, honda, repsol