Berita Motogp Terbaru - Marc Marquez menciptakan rekor baru setelah memenangi balapan MotoGP San Marino.

Misano - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menciptakan rekor baru saat memenangi balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (10/9/2017). Rekor ini membuktikan The Baby Alien sebagai pebalap terbaik saat ini.

Seperti diketahui, Marquez memenangi balapan di lintasan basah Sirkuit Misano. Ini memang bukan yang pertama karena pebalap asal Spanyol itu juga pernah melakukannya pada balapan sebelumnya. 

Baca juga:

Pernat Nilai MotoGP San Marino Harusnya Dikuasai Rossi

MotoGP: Fakta Unik di Balik Kemenangan Marquez di San Marino

Zarco Ternyata Malu Dorong Motor saat MotoGP San Marino

Yang berbeda adalah Marquez menggunakan rem cakram karbon pada balapan ini. Padahal, ada anggapan penggunaan cakram karbon di lintasan basah merupakan sebuah kesalahan besar. 

Brembo, perusahaan yang mendesain perngkat rem terkemuka di dunia, pernah memberikan analisis bahwa mustahil bagi pebalap memenangkan lomba dengan cakram karbon pada kondisi trek basah. 

Sekarang mitos yang telah tertanam selama bertahun-tahun itu berhasil dipatahkan juara dunia MotoGP 2016 tersebut. Marquez menjadi satu-satunya pebalap yang memenangi balapan di trek basah dengan menggunakan rem cakram karbon.

Sebenarnya Marquez sudah mempelajari mengenai perangkat penghenti laju pada motor RC213V sejak lama. Marquez pernah menjajal rem cakram karbon yang berukuran 340 mm tersebut pada pengujian yang berlangsung di Malaysia pada tahun lalu.

"Sebuah kemenangan yang tidak terpikirkan beberapa tahun yang lalu dan mematahkan anggapan rem karbon dipakai pada kondisi kering dan baja dengan kondisi basah," demikian pernyataan Brembo seperti dikutip GPOne, Rabu (13/9/2017).

Alih-alih menyebut Marquez hebat, Brembo justru mengklaim sebagai pihak yang berperan penting di balik kemenangan sang pebalap. "Kemenangan ini terjadi karena perbaikan sensasional yang telah dilakukan Brembo pada cakram karbon selama beberapa tahun terakhir. Berkat bahan yang digunakan dan proses produksi yang kian presisi, cakram karbon telah berevolusi signifikan. Hasilnya menegaskan, inovasi teknis adalah bagian dari merk Brembo," lanjut pernyataan tersebut.

(David Permana)

 

Tag: misano, san marino, marc marquez, honda, repsol, rc213v