Berita Motogp Terbaru - Tikungan ke-11 MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring terus menjadi perdebatan para pembalap.

Liputan6.com, Sepang - Belum juga MotoGP 2018 dimulai, Valentino Rossi sudah berbicara soal seri di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Lagi-lagi ia menyorot tikungan ke-11 yang terkenal angker tersebut.

Ya, tikungan ke-11 di Sachsenring sudah berulang kali mendapat kritik pembalap MotoGP selama bertahun-tahun. Layout tikungan itu dinilai sangat membahayakan para pembalap. Kebetulan, tikungan ke-11 juga menjadi tikungan tercepat di Sachsenring.

Baca juga:

MotoGP: Rossi Yakin Raih Hasil Oke di Hari Kedua Tes Pramusim

Hari Kedua Pramusim MotoGP, Rossi Kian Optimistis

Rossi Putuskan Masa Depan Usai Tes Pramusim MotoGP

Total ada 10 tikungan ke kiri dan tiga ke kanan pada MotoGP Jerman di Sachsenring. Tikungan ke-11 itu termasuk yang mengarah ke kanan. Perbedaan mencolok jumlah tikungan itu disinyalir sebagai alasan mengapa para pembalap sering terjatuh.

Itu karena bagian ban kiri yang lebih sering terpakai ketimbang ban kanan. Alhasil, bagian ban kanan pun menjadi dingin. Hal itu diperparah dengan layout tikungan 11 yang curam hingga dinamai waterfall.

"Dulu kami sering membicarakan soal bahaya tikungan ke-11 di Komisi Keselamatan. Tapi sampai saat ini kami juga belum menemukan solusi yang tepat. Saya pun tidak tahu mengatasinya. Saya pikir juga tak akan terjadi perubahan untuk musim 2018," kata Rossi, dilansir Speedweek.

Di sana, para pembalap rata-rata bisa melaju hingga 200 km/jam. Tentu, mengendalikan motor MotoGP yang berbobot 157 kg dengan cengkraman ban bagian kanan yang rendah jelas menyusahkan para pembalap.

 

Tag: sachsenring, sepang, sachsenring, valentino rossi, rossi